rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Kamis, 25 Juni 2009

Belajar lagi Mind Set


Mungkin sudah sering saya baca buku yang berkaitan dengan NLP. dan beberapa kali saya juga pernah mendengar prinsip-prinsipnya, melalui training maupun seminar-seminar. tapi ternyata untuk melekatkan "knowledge" menjadi sesuatu yang "inheren" dalam diri dan keseharian kita, butuh waktu, butuh proses, dan butuh pengulangan.

Seperti kita waktu belajar pertama kali mengendarai sepeda motor, atau mobil. di awal kita belajar, pasti ada proses bertahap yang kita lalui. otak sadar terlibat sangat dominan. misalnya: "pertama, masukan kunci motor", berikutnya "nyalakan stater", proses perpindahan gigi, menarik rem, dan seterusnya seringkali diawali dengan proses berpikir. tak heran di proses awal belajar kita sering kaku dan salah.

tapi, ini semua tak terjadi lagi ketika kita sudah mahir. mekanisme menyalakan mesin, mengoper gigi, bahkan mengerem mendadak, tak perlu lagi melibatkan otak sadar. semuanya seolah-olah sudah otomatis. tanpa ragu, tanpa kaku, kita terampil mengoperasikan rem, gas, oper gigi, dan mengatur posisi stir. semuanya berjalan otomatis, dan seirama.

nah, tadi pagi, saya baru saja mengikuti semacam workshop EFT (emotional freedom technique). semacam metode untuk mengatasi masalah-masalah pribadi melalui terapi pelepasan emosi. Konon, jutaan orang telah merasakan manfaatnya, mulai dari proses penyembuhan penyakit-penyakit ringan, sampai hal-hal yang terkait dengan trauma atau phobia. Dan, ternyata akar dari terapi ini adalah NLP juga.

NLP juga EFT pada intinya merupakan teknologi pengembangan diri. kita bisa menerapkannya dalam lapangan kehidupan yang luas. mulai dari mendidik anak, membangkitkan semangat, memperbaiki kinerja tim, dan seterusnya. pengetahuan seseorang tentang teknologi pengembangan performa merupakan aset yang tak ternilai. dengannya ia bisa memperbaiki kualitas hidupanya, dan juga membantu memperbaiki kualitas hidup orang lain.

Maka, jika Anda ingin memiliki kemampuan dalam menangani dan memecahkan masalah-masalah hidup, pekerjaan, kesehatan, dan seterusnya.. belajarlah teknologi pengembangan diri...kemudian terapkan secara perlahan....dan konsisten.

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini