rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Rabu, 17 Februari 2010

Menginstal Percaya Diri


Ketika banyak peluang kesuksesan menghampiri kita, kadang pikiran kita berkata "apakah saya layak?", "apakah saya cukup hebat untuk melakukan tugas-tugas ini", "apakah saya bisa?"..dan seterusnya. entah mungkin karena lingkungan kita yang sejak kecil telah memprogram pikiran bawah sadar kita dengan komentar-komentar negatif, maka respon otomatis kita ketika kita menghadapi peluang yang cukup besar, adalah juga respon negatif...lebih tepatnya, menganggap diri sendiri belum layak, karena berbagai kelemahan dan kekurangannya.

Belum lagi, ketika kita bersaing atau berhadapan dengan orang-orang yang kita anggap "hebat" dan memiliki banyak kelebihan dibanding diri kita. Kita akan merasa semakin "mengecil", "menciut", dan kalaulah kita diberikan pilihan, maka lebih baik untuk berlari meninggalkan semua pesaing itu. Dengan kata lain, kita "jiper" ketika menghadapi orang-orang ini.
Suka atau tidak, ternyata cara pandang itu sedikitpun tidak menolong kita untuk jadi lebih baik.

Memandang rendah diri sendiri, dan terlampau takjub dan merasa kalah dengan berbagai kelebihan yang dimiliki orang lain, bukanlah paradigma yang memberdayakan. kita tidak akan pernah mendapatkan apapun kalau kita tidak berani. Dan kita tidak akan pernah berbuat apapun, kalau kita selalu merasa belum layak.


Butuh rasa percaya diri yang kuat untuk berkembang. butuh rasa percaya diri yang mantap untuk menghadapi setiap tantangan dalam hidup, dan memenangkannya. karena kalau kita jadi orang yang "pemalu", tidak percaya diri, maka kita tidak akan belajar apapun.


Pertanyaan berikutnya adalah, bagaimana kita "menginstal" dan mengembangkan rasa percaya diri itu?. berikut adalah beberapa tips yang mungkin berguna untuk tujuan tersebut:


1. Yakinilah bahwa setiap pribadi itu unik. termasuk Anda. Allah menciptakan kita dengan sekian banyak potensi dan kelebihan. kita diberikan akal untuk berpikir, perasaan, penglihatan dan pendengaran sebagai sarana belajar. dan kita diberikan fisik untuk bergerak dan beraktifitas. Renungkan kembali, dan catat berbagai kelebihan yang Anda miliki. kalaupun Anda merasa memiliki kekurangan, camkan paradigma ini: "Kekurangan adalah kelebihan yang belum ditentukan kegunaannya"(mario teguh). Berpikir positiflah terhadap diri sendiri. ini akan mempengaruhi tindakan Anda.

2. Lakukan apa yang Anda takuti. karena ketakutan itu seperti monster. ia harus kita kuasai sejak ia masih "kecil". karena kalau dibiarkan, monster itu akan semakin besar, dan besar. Keluarlah dari zona nyaman Anda. lakukan sesuatu yang berani dan menantang. karena ini akan memperluas zona nyaman Anda. Semakin kita berhasil melakukan apa yang kita takuti, semakin kuat rasa percaya diri kita.

3. Nothing to lose. Jangan takut dengan kegagalan. anggaplah kegagalan sebagai cara baru untuk belajar. Orang yang gagal sebenarnya adalah orang yang tidak pernah berbuat apapun. Pahamilah bahwa semua hal di dunia ini beresiko. dan kalau Anda memutuskan untuk tidak mengambil resiko, maka Anda beresiko tidak mendapatkan apapun.

4. Bergaul dengan orang PD. rasa percaya diri itu menular. maka carilah orang-orang di sekitar anda yang memiliki PD di atas rata-rata, perhatikan bagaimana ia berpikir, dan bertindak. Carilah lingkungan yang positif dan mendukung. sebuah pepatah mengatakan, "berhentilah bergaul dengan bebek, lalu terbanglah bersama ELANG" empat hal di atas hanyalah bagian kecil, tentang bagaimana caranya menginstal PD. saya yakin, dalam perjalanannya ketika kita "bersahabat dengan realitas dan tantangan" kita semua akan menemukan hal-hal baru, tentang bagaimana caranya menginstal PD yang 1000kali lebih efektif... selamat berpetualang.

Keep on moving, & Don't give up!!

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini