rss
twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Senin, 21 Juni 2010

Keep on Moving!!

Hari ini saya update status di facebook, dengan kalimat ini: "lebih baik minim impian tapi kaya tindakan, daripada kaya impian tapi minim tindakan. dan tentu, yang lebih baik adalah kaya impian yang diiringi dengan kaya tindakan, selamat berjuang!!"

kalimat ini muncul begitu saja di dalam kepala saya, ketika saya sedang berhadapan dengan layar laptop, mengisi laporan evaluasi training di salah satu institusi pemerintah yang dilakukan oleh TRUSTCO. Mungkin kalimat ini muncul dari perenungan sederhana tentang perjalanan hidup. Kita selalu dituntut dengan pertanyaan pertanyaan, "sudah lulus belum?", "kerja dimana?", "kapan nikah?", "udah punya anak berapa?", dan seterusnya, dan seterusnya.

pertanyaan itu akan terus muncul, sebagai desakan sosial agar kita tidak malas. Dan terus terpacu untuk berkarya. Walaupun memang, pada banyak kejadian desakan-desakan itu malah membuat kita jadi tertekan, alias merasa tidak nyaman. Sedang mengerjakan apa kita, mau kemana kita, dan apa rencana hidup kita berikutnya, adalah salah satu hal privasi yang sebetulnya tidak wajib diketahui oleh semua orang diluar diri kita. Kecuali jika kita memang ingin memberitahu mereka.

Titik permasalahannya adalah bagaimana kita percaya diri dan yakin dengan konsep diri kita. termasuk apa yang kita lakukan. Sepanjang kita mencintai apa yang kita kerjakan, dan menikmatinya sampai taraf yang sulit dijelaskan dengan kata-kata, dan kita yakin bahwa yang dilakukan atau dikerjakan itu bernilai kebaikan, maka jadilah tidak perhatian terhadap apa yang ditanyakan atau dikatakan orang. Biar kita fokus, konsentrasi, dan total dengan apa yang kita kerjakan.

Yang penting kita terus berkarya, terus bekerja, terus bertindak, dan melakukan sesuatu. Entah perencanaan hidup kita sudah detail atau masih general, yang penting kita bergerak. Kebanyakan impian tapi tak pernah mulai, tidak baik untuk kesehatan mental. Lebih baik sederhanakan impian itu, dan jadilah royal dalam tindakan. Memulai sesuatu hari ini, saat ini, sekarang juga. Sampai kita bertemu dengan sesuatu yang harus kita temukan, yaitu impian kita.

ia harus dijemput kawan...
ia harus disambut...

ia tak mau hanya dipikirkan atau diangankan...

...see you at the top!

Tidak ada komentar:

Cari Blog Ini